Jumat, 13 Februari 2009

MENULIS ABSTRAK

Ringkasan ini diterjemahkan dari How to Write an Abstract
Apakah anda suka menulis abstrak? saya akan berbagi informasi yang saya temukan di website www.pagebull.com tentang bagaimana cara menulis abstrak. Saya fikir ini adalah topik yang sangat membantu karena saya telah mencobanya untuk tugas di kelas saya. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus diikuti. pertama pilih topik yang anda sukai. Cari informasi yang cukup tentang topik yang kita pilih tersebut. Rencanakan dan atur catatan kita. Abstrak membutuhkan sebuah judul dan jangan menulis ulang atau mempharaprasekan judul tersebut. Ketika anda menulis sebuah anstrak kamu harus menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:
- Kenapa anda melakukan penelitian atau proyek ini?- Bagaimana dan apa yang telah anda lakukan?- Apa yang anda temukan?- Apa maksud dari temuan anda itu?Anda harus menjawab setiap pertanyaan diatas sekitar 100-250 kata. Anda harus menjadikan judul dari anstrak tersebut lebih spesifik. Hindari penggunaan akronim, singkatan, atau simbol-simbol karena anda perlu menjelaskannya dan itu membutuhkan banyak ruang. Gunakan kata kunci. Coba gunakan kata kerja aktiv daripada menggunakan kata kerja pasif jika memungkinkan. hindari penggunaan kata Saya atau Kami. Revisi yang baik akan menghasilkan sebuah draft abstark yang baik. Abstrak harus mengandung sebanyak mungkin informasi kualitatif dan kuantitatif. Saya sarankan anda untuk mengikuti tahapan-tahapan tersebut diatas untuk penlisan abstrak anda berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar